1st Karyaku

Resensi :

“ Ada Cerita Di Balik Kemegahannya Yang Tersembunyi “

Peresensi : Dio Putra Pratama

SMA N 3 BATUSANGKAR

Judul                                                     : Menembus Kabut Gamalama

Penulis                                                 : Umar Nur Zain

Penerbit                                               : Sinar Harapan, anggota IKapi+

Tempat dan Tahun Terbit    : Jakarta, Tahun 1884

Catatan                                                : Pertama

Jumlah Halaman                          : 122

Gunung adalah salah satu bentuk permukaan bumi yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Di Indonesia ini, negeri yang subur dengan gunung yang menjulang tinggi dan pemandangan alam yang indah terdapat salah satu gunung yang kurang dikenal oleh orang banyak yaitu Gunung Gamalama atau Gunung Kie yang terletak di daerah terpencil bagian utara Indonesia. Gunung ini sebenarnya mempunyai alam yang masih alami dan asri, yang mungkin tidak tertandingi oleh gunung lain yang ada di Indonesia, bahkan dunia.

Didalam buku ini Umar Nur Zain menjelaskan bagaimana gunung Gamalama dan keindahan alamnya. Umar Nur Zain menulis buku ini karena terinspirasi dan prihatin terhadap gunung Gamalama ini yang juga didalam realitasnya gunung Gamalama ini tidak begitu banyak orang mengetahui dan juga gunung ini telah meletus pada tahun 1980.

Umar Bin Zain menceritakan dan mengungkapkan perhatian terhadap gunung ini melalui cerita petualangan yang menyenangkan dan menegangkan untuk di baca. Penulis yang juga tamatan dari Universitas Indonesia jurusan publisistik ini memberikan cerita dengan bahasa yang mudah dipahami juga tidak monoton dan dilengkapi dengan ilustrasi gambar pendukung.

Dalam buku ini pengarang mengangkat peristiwa ketika di bulan September tahun 1980, Gunung Gamalama meletus dengan hebatnya sampai lebih dari seminggu, di jalin dalam cerita rekaan, berupa kisah petualangan anak-anak / remaja, pengarang sebenarnya ingin memperkenalkan kawasan yang kaya raya akan alamnya, dimana orang-orang asing yang menyelidikinya menyebut kawasan Halmahera itu sebagai Raksasa Tidur ” yaitu tempat tertimbunnya kekayaan alam yang belum digali bangsa Indonesia.

Melalui cerita petualangan didalam buku ini, Umar menyampaikan pesan moral bagi pembaca yang bermanfaat bagi pembaca. Selain dari menambah ilmu pengetahuan pembaca juga menyuruh dan mengajak pembaca untuk lebih mencintai negeri pertiwi ini lagi.

Umar menyampaikan cerita ini bertujuan untuk dokumentasi sejarah bagi anak cucu kita dimasa datang dan agar anak-anak kita mencintai dan mengenal daerah kita yang waktu itu masih dianggap terpencil, tetapi mempunyai kemungkinan yang amat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s